Kamis, 25 Juli 2013

Riset Korea: Smartphone Sebabkan Gangguan Tulang Belakang

Riset Korea Smartphone Bisa Sebabkan Gangguan Tulang Belakang
Asalasah ~ Meningkatnya penjualan dan popularitas smartphone tentu punya efek baik dan buruk dalam kehidupan. Baru-baru ini, sebuah perusahaan kesehatan nasional di Korea Selatan merilis sebuah peringatan peningkatan gangguan kesehatan akibat keseringan menggunakan smartphone.

Dalam rilisnya dikatakan bahwa gangguan kesehatan yang paling sering ditimbulkan adalah pada tulang belakang. Gangguan tersebut bisa terjadi karena kebiasaan orang yang menundukkan badan saat menggunakan smartphone. Sebagai penjelasan, tulang yang membentuk tulang belakang manusia itu berbantalkan sebuah cakram datar. Menunduk terlalu lama saat menggunakan smartphone ternyata menyebabkan meningkatkan risiko bergesernya cakram datar tersebut. Dalam dunia medis, gangguan kesehatan ini dinamakan cervical disc hernitation.

Menariknya, kasus cervical disc herniation yang terjadi di Korea Selatan meningkat dari 573.912 di tahun 2007 menjadi 784.121 pada tahun 2011. Dari jumlah 100.000 penderita, ternyata 7,6 persennya merupakan orang yang berusia 20-an tahun. Rentang kelompok usia ini merupakan kelompok yang paling sering menggunakan smartphone secara intensif.

Jadi, jika Anda adalah salah satu yang sering menghabiskan waktu selama berjam-jam di depan layar smartphone, waspadalah. Sebaiknya, selalu beristirahat sejenak saat menggunakan ponsel. Sediakan waktu untuk melakukan peregangan pada leher dan punggung Anda.
(CNet)

Baca Juga:  
Sumber: http://www.memobee.com/riset-korea-smartphone-bisa-sebabkan-gangguan-tulang-belakang-9658-eij.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar