Jumat, 28 Desember 2012

Fungsi Katalog Produk atau Barang Bagi Produsen maupun Agen Penjualan

+fungsi serta manfaat dan guna dibuatnya katalog produk oleh produsen atau penjual
Sebagian besar dari Masyarkat di Indonesia mungkin sudah mengenal yang namanya katalog produk atau katalog barang, Karena didunia penjualan saat ini sudah sangat banyak produsen atau penjual yang menggunakan katalog produk untuk melakukan penjualan barang. Baik dari perusahaan MLM, Keagenan Busana, Penjual elektronik, Pelakuk pasar produk kesehatan dan masih banyak lagi
yang lainnya. Namunjuga  tidak sedikit dari kita atau bahkan seorang penjual yang mengerti fungsi katalog, Karena masih ada dari sebagaian masyarakat atau penjual memandang bahwa katalog produk hanya mempunyai fungsi untuk menjual.

Katalog produk bagi sebagian besar produsen atau penjual mempunyai fungsi yang sangat besar, Karena pada dasarnya katalog barang atau katalog produk tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menjual saja. Memang benar bahwa fungsi utama katalog adalah untuk menawarkan produk atau menjual barang, Namun sebenarnya katalog produk mempunyai beberapa fungsi atau kegunaan lain yang lebih dari sekedar untuk menjual produk. Beberapa fungsi atau kegunaan lain dari katalog produk adalah sebagai berikut:
  1. Katalog berfungsi untuk menawarkan atau untuk menjual barang atau produk.
  2. Katalog berfungsi sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.
  3. Katalog bisa berfungsi untuk menekan atau efisiensi biaya penjualan.
  4. Katalog berfungsi sebagai alat memotivasi agen penjualan yang ampuh.
Kalau melihat fungsi katalog diatas, Semua sangat baik dalam mendukung upaya produsen atau penjual dalam mengoptimalkan penjualan. Dari beberapa katalog yang sudah ada, Sebagian besar hanya mengkombinasikan fungsi untuk menjual, Sebagai alat promosi dan untuk efisiensi biaya. Namun masih jarang yang memaksimalkan katalog produk dengan mengkombinasikan sebagai alat memotivasi agen penjualannya.

Jika produsen atau penjual yang menggunakan katalog produk dalam melakukan kegiatan penjualan, Dengan membuat katalog barang yang isinya mampu mengkombinasikan keempat fungsi diatas atau menciptakan katalog produk multy fungsi, Maka keuntungan ganda yang optimal akan bisa didapatkan dari katalog tersebut. Dan ini berlaku untuk semua produk yang dijual dengan menggunakan katalog. Maka dari itu, Mulai saat ini buatlah desain katalog produk yang mampu mengkombinasikan keempat fungsi katalog diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar