Sabtu, 29 Desember 2012

Fungsi Katalog Sebagai Alat Promosi yang Efektif dan efisien

+fungsi serta kegunaan katalog produk atau barang sebagai alat ampuh untuk promosi penjualan
Kalau kita melihat sekilas, Katalog hanyalah selember kertas atau buku. Namun dibalik itu Fungsi katalog produk atau barang bagi produsen atau penjual sangatlah penting, Karena selain berfungsi sebagai alat untuk menawarkan dan menjual produk, Katalog masih mempunyai beberapa fungsi lain yang sangat membantu bagi produsen ataupun penjual, apalagi
bagi perusahaan produk busana atau fashion. Guna mencapai fungsi katalog yang maksimal, Produsen atau penjual dituntut untuk bisa membuat atau menciptakan katalog yang bisa mempunyai banyak fungsi tersebut. Karena dengan mampu menciptakan katalog yang dimaksud, Katalog akan bisa digunakan sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.

Kalu membahas fungsi katalog sebagai alat promosi yang efektif dan efisien, Tentu kita harus paham dulu Pengertian promosi dan Tujuan dari promosi. Karena dengan memahami hal itu, Kita akan lebih mudah dalam membuat dan memaksimalkan katalog dengan fungsi sebagai alat promosi. Namun secara garis besar, Promosi adalah komunikasi dari pemilik produk atau pemegang hak untuk menjual yang ditujukan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Membujuk khalayak umum agar mau membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan dan untuk mengingatkan kembali.

Sedangkan kalau kita berbicara efektif dan efisien dalam menjual, Tentu kita akan berbicara tentang ketepatan sasaran dan pengeluaran biaya yang lebih sedikit namun tujuan menjual tetap bisa tercapai dengan optimal. Jadi dengan terciptanya katalog yang mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efektif dan efisien tersebut diharapkan akan bisa memberikan sesuatu yang lebih baik bagi perusahaan dalam usahanya menjual produk. Kemudian yang akan menjadi pertanyaan adalah kenapa katalog bisa berfungsi sebagai alat promosi yang efektif dan efisien?

Berikut tinjauan tentang fungsi katalog sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.
Katalog berfungsi sebagai alat promosi.
Selain berfungsi sebagai alat menjual produk, katalog juga mempunyai fungsi sebagai alat promosi. Hal ini terlihat jelas pada beberapa katalog, Dimana dalam katalog mencantumkan pemberitahuan atau pengenalan produk, Merek produk dan Instansi perusahaan pemilik produk dan instansi penjual. Selain itu dalam katalog juga tercantum kata atau gambar yang mempunyai daya tarik untuk membujuk serta mempengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk serta memakai produk. Selain hal-hal diatas, kadang katalog juga mencantumkan visi serta misi dari perusahaan.

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efektif.
Kalau dalam hal efektif, Tidak perlu diragukan lagi bahwa katalog mampu melakukan hal itu. Karena katalog cenderung terdistribusi kepada orang-arang yang menjadi target pasar untuk produk bersangkutan, Hal ini terjadi karena seorang penjual akan memberikan atau mebagikan katalog kepada calon pembeli yang diharapkan akan tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan dalam katalog produk. Jadi cenderung akan menggunakan Hukum rata-rata menjual terfokus dimana akan menawarkan produk kepada target pasar untuk produk yang dijual. Dengan demikian promosi benar-benar bisa lebih efektif.

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efisien
Demikian juga untuk hal efisien dalam hal katalog sebagai alat promosi, Hal ini bisa dilihat dengan jelas. karena dari fungsi utama katalog untuk menjual, Mau tidak mau fungsi katalog sebagai alat promosi akan terjadi pada saat menawarkan produk kepada calon pembeli, Dengan catatan katalog didesain sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat sebagai alat promosi. Jadi biaya promosi yang seharusnya dikeluarkan sudah ikut dalam biaya penawaran produk. Dari hal ini fingsi katalog sebagai alat promosi yang efisien bisa atau sudah tercipta.

Dari uraian diatas, Terlihat jelas bahwa katalog produk bisa memberi fungsi dan kegunaan dalam hal promosi yang efektif dan efisien. Untuk itu tidak ada ruginya bagi perusahaan membuat desain katalog yang bisa memberikan fungsi yang optimal bagi perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar