Jumat, 05 Oktober 2012

Definisi Penjualan dan Penjabarannya

Artikel tentang definisi penjualan serta uraian dan penjabaran dari definisi penjualan
Dalam kehidupan sehari- hari kita sering mendengar kata penjualan, Baik itu dari kalangan desa maupun kota. Apakah yang dimaksud dengan penjualan hanya sekedar pertukaran uang dengan barang?, Ada sebagian Masyarakat yang mengatakan begitu. Sebenarnya definisi atau pengertian penjualan itu lebih luas lagi. 
Pengertian dan arti penjualan : Suatu proses usaha yang dilakukan oleh
perseorangan atau team dengan segala sumber daya yang ada untuk mencari atau mendapatkan calon pembeli, Menawarkan dan membujuk calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan sesuai yang diharapkan.

Kalau melihat pengertian diatas, Penjualan terdiri dari tahapan- tahapan usaha dan didukung dengan sumberdaya yang ada dalam pelaksanaan prosesnya. Penjabaran dari definisi penjualan diatas sebagai berikut:

  1. Suatu proses usaha : Bahwa usaha untuk mendapatkan order atau transaksi dilakukan melalui beberapa   tahapan tahapan. Tahapan itu meliputi mencari calon pembeli, Menawarkan dan membujuk calon pembeli, order atau transaksi.
  2. Dilakukan oleh perseorangan atau team : Bahwa dalam proses usaha mencapai tujuan yang ditetapkan, Penjualan bisa dilakukan dan atas nama pribadi atau bisa dilakukan team atau atas nama team.
  3. Mencari atau mendapatkan calon pembeli : Dalam tahap ini penjual melakukan segala sumber daya yang ada secara optimal untuk mendapatkan calon pembeli, Usaha ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara itu antara lain :  Pertama: dengan  menerjunkan sumber daya manusia yang didukung dengan sumber daya lainnya kelapangan langsung, Bisa dari rumah- kerumah, Bisa dari toko- ketoko. Kedua : Dengan pemasangan iklan atau promosi, Baik melalui sepanduk, iklan radio, iklan tivi dll. Ketiga : Dengan mengadakan atau mengikuti even- even. Keempat : Yang tidak kalah penting yaitu dengan memberikan pengalaman  baik, Benar dan menyenangkan kepada pemakai atau pembeli produk.
  4. Menawarkan dan membujuk calon pembeli : Setelah tahap poin tiga ( atau tahap pertama ) dijalankan dan menemukan calon pembeli, Selanjutnya penjual harus melakukan tahap ini, Yaitu Menawarkan produk dan merayu calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan. Tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar,Baca artikel "Menjual yang baik adalah menjual dengan hati" Dalam tahap ini sumber daya yang ditugaskan harus menguasai pengetahuan dan seluk beluk produk yang ditawarkan, Setelah pengetahuan tentang produk dikuasai, Sumber daya yang ditugasi harus bisa menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk dengan baik dan benar. Sehingga calon pembeli yang melakukan pembelian benar- benar menerima barang sesuai dengan apa yang dijelaskan tenaga penjual atau deskripsi pada kemasan.
  5. Membeli dan memanfaatkan Produk : Jika poin 4 ( empat ) berjalan dengan baik dan menghasilkan transaksi yang sehat, Dimana pembeli menerima barang sesuai dengan apa yang dijelaskan tenaga penjual, Berarti sudah terjadi hal yang luar biasa. Hal yang luar biasa itu apa? Bukan sekedar ada yang sudah membeli produk, Tapi sumber daya penjual baru saja menyelesaikan dua tahapan ( poin 3 dan 4 diatas ). Yaitu pertama ( poin 3 ) tahapan Mencari calon penjual, Yang kedua ( Poin 4 ) tahapan menawarkan dan membujuk. Hal ini terjadi karena pembeli yang puas dan punya pengalaman  menyenangkan atas produk akan bercerita kepada saudara maupun teman- temannya.
Penjualan tidak sama dengan marketing atau pemasaran, Karena penjualan merupakan bagian dari proses marketing atau pemasaran, Dengan demikian cakupan penjualan lebih sempit jika dibandingkan dengan marekting atau pemasaran. Jika dilakukan pembandingan antara definisi penjualan diatas dengan Definisi marketing atau pemasaran, Akan bisa dilihat dengan jelas perbedaannya.

Demikian tadi sedikit uraian dari artikel definisi penjualan dan penjabarannya, Kritik dan saran yang membangun dari pembaca akan selalu saya nantikan guna perbaikan artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfat. Untuk artikel info marketing dan penjualan bisa kunjungi Halaman G+

Artikel lain terkait

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar