Rabu, 17 Oktober 2012

Efisiensi Biaya Penjualan pada Tahapan Penjualan

Penerapan efisiensi biaya penjualan pada tahapan serta cara penjualan
Pada artikel Definisi penjualan dan Penjabarannya, Disebutkan bahwa proses penjualan terdiri dari tahapan  mencari calon pembeli, Menawarkan produk, Dan pengiriman produk. Dari masing- masing tahapan diatas terdiri dari beberapa kegiatan kerja yang akan memerlukan pengorbanan biaya guna pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Berikut kegiatan kerja dari tahapan penjualan yang bisa dilakukan efisiensi.
Pada tahap mencari calon pembeli.
  1. Efisiensi bisa dilakukan pada biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan penugasan kepada tenaga penjual yang tujuannya mencari calon pembeli, Namun efisiensi yang dilakukan harus melalui perhitungan yang matang agar tidak berdampak jelek terhadap pencapaian tujuan. Pada kegiatan ini biaya yang terkait diantaranya biaya transport, Biaya makan, Uang saku, Biaya penginapan.
  2. Efisiensi pada biaya yang berhubungan dengan promosi atau periklanan guna mencari calon pembeli.
  3. Efisiensi dalam mengadakan even yang bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Menawarkan produk kepada calon pembeli
  1. Efisiensi dalam menerjunkan tenaga penjualan langsung kelapangan dengan membawa produk dan atau katalog produk untuk ditawarkan kepada calon pembeli.
  2. Efisiensi dalam mengirimkan sampel produk atau katalog produk melalui jasa pengiriman.
Pengiriman barang kepada pembeli.
  1. Efisiensi bisa dilakukan pada kegiatan pengiriman barang dari gudang ketempat pembeli atau pemesan. Pengiriman bisa dilakukan dengan dua cara, Yaitu melalui jasa exspedisi yang terpercaya atau juga bisa dikirim langsung dengan menempatkan tenaga kerja yang tugasnya khusus melakukan pengiriman barang. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar