Jumat, 23 November 2012

Menekan Biaya Promosi Dengan Promosi Bersama

+cara menekan biaya promosi agar efisien dan efektif, +usaha perusahaan untuk menekan biaya promosi
Promosi mempunyai peranan sangat penting dalam usaha dagang atau penjualan produk, Karena dengan promosi perusahaan bisa mengenalkan, mempengaruhi serta membujuk khalayak umum agar bisa mengenal, Tertarik dan akhirnya akan mau membeli produk yang ditawarkan. Tidak sedikit perusahaan dagang melakukan promosi besar-besaran dengan biaya yang tidak sedikit, Segala
bentuk promosi dilakukan baik pada media elektronik maupun non elektronik. Namun juga tidak sedikit perusahaan yang berusaha untuk menekan biaya promosinya, Hal ini dilakukan karena suatau hal yang mengharuskan anggaran atau cadangan biaya untuk promosinya tidak terlalu banyak atau dibatasi Tentunya penekanan biaya promosi ini tetap harus dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu agar tujuan promosi tetap tercapai.

Menekan biaya promosi namun tujuan promosi tetap bisa tercapai dengan optimal bisa dilakukan dengan beberapa cara, Salah satunya dengan mengadakan promosi bersama. Promosi bersama ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang tidak menjadi pesaing, Namun produk saling mendukung atau bisa juga produk yang tidak saling mendukung. Tapi alangkah baiknya jika promosi bersama ini dilakukan oleh perusahaan atau instansi yang mempunai produk yang bisa saling mendukung atau melengkapi. Berikut beberapa contoh promosi bersama yang bisa dilakukan untuk produk busana atau pakaian.
  1. Melakukan pemasangan banner bersama pada space iklan yang disediakan pada toko, Rata-rata posisinya pada toko bagian depan atas. Jadi disaat orang lewat atau berkunjung ketoko akan bisa melihat banner dari pemasang promo. Promo dalam bentuk pemasangan bannerbersama ini bisa dilakukan untuk produk celana dengan atasan (kaos, Kemeja dll), Atau produk baju muslim wanita dengan jilbab atau celana panjang wanita. Penekanan biaya atau efisiensi biaya promosi bisa dilakukan dalam bentuk pembagian biaya pembuatan banner dan desainnya atau bahkan bisa dilakukan pembagian untuk biaya pajak reklamenya. Promosi bersama bisa dilakukan jika kondisi atau ukuran tempat pemasangan banner cukup besar, Jadi walaupun dibagi dua pesan pada gambar atau tulisan yang ada tetap bisa dibaca serta dilihat dengan mudah. Untuk pemasangan banner ini tidak terbatas pada lokasi ditoko saja, Melainkan bisa dilakukan pada even-even lainnya, Misal konser musik dll.
  2. Dengan mengikuti even pameran bersama, Tidak jarang kita mendengar pameran buku pada suatu wilayah tertentu, Hal ini bisa dilakukan promo atau bahkan menjual bersama untuk produk apapun. Pada even ini biasanya tersedia petak-petak lokasi pameran dengan ukuran yang telah ditentukan, Bagi perusahaan yang ingin berperan serta namun tidak ingin menanggung semua baiya, Bisa melakukan bersama-sama dengan perusahaan lain dengan menyewa satu tempat dengan baiya ditanggung bersama.
  3. Untuk promo bersama ini juga bisa dilakukan untuk media elektronik, Dan ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan. Misal perusahaan pembiayaan dengan merek produk kendaraan.
  4. Membuat leaflet bersama, Biasanya ini untuk dibagikan kepada pengunjung toko.
  5. Mengadakan even khusus bersama, Misal mengadakan acara yang bisa mengundang masyarakat untuk datang kesuatu tempat, Biasanya diadakan ditoko. Dan dari fihak perusahaan bekerja sama dengan perusahaan lain atau bahkan dengan fihak toko, Misal mengadakan acara lomba band dengan hadiah ditanggung bersama. Hadiah ini terbatas hanya untuk beserta lomba, Namun juga akan diberikan kepada pengunjung. Untuk even ini, Banyak promo yang juga bisa dilakukan bersamaan, Misal pemasangan banner, Spnaduk dan selebaran.
Dalam keadaan tertentu,Tidak menutup kemungkinan anggaran promosi atau iklan dari suatu perusahaan akan dilakukan pembatasan. Dan pembatasan anggaran promosi tersebut tetap dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu dimana tujuan promosi perusahaan tetap bisa tercapai secara optimal. Dengan adanya hal diatas, Agar tujuan promosi tetap bisa tercapai dengan optimal, Perusahaan bisa melakukan promosi bersama dengan perusahaan lain namun dengan produk yang tidak menjadi pesaing. Promo bersama bisa dilakukan dalam bentuk pemasangan banner bersama, Mengadakan even secara bersama atau bahkan dalam bentuk iklan pada media elektronik.

ARTIKEL LAIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar