Senin, 12 November 2012

Tugas Sales Sebagai Intelijen Pasar

+sales mata-mata pasar, +Sales mengumpulkan informasi pasar guna membuat strategi pasar, +informasi untuk memenangkan persaingan dipasaran
Dalam menghadapi persaingan didunia pemasaran yang semakin ketat, Perusahaan dituntut untuk bisa mendapatkan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan pasar terbaru dengan cepat dan akurat. Untuk itu, perusahaan yang bergerak dibidang penjualan atau perdagangan harus mempunyai yang namanya itelejen pasar yang akan diberi tugas untuk mencari,
Mengamati dan mengumpulkan informasi-informasi terkini. Baik itu  informasi yang berhubungan dengan faktor internal maupun eksternal. Kemudian informasi yang didapat dipasar akan dianalisis serta disampaikan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan untuk membuat strategi pasar guna menghadapi persaingan pasar. Pada artikel ini saya batasi untuk pengamatan dan pengumpulan informasi seputar produk pakaian jadi.

Mengingat pentingnya informasi dari lapangan dalam membuat strategi pasar, Seorang sales yang juga sebagai intelejen pasar juga dituntut bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisi informasi tentang kondisi pasar terkini. Baik itu informasi yang berhubungan dengan kondisi pasar internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Ini merupakan salah satu Tugas dan kerja sales dilapangan.  Berikut informasi pasar yang diperlukan dan harus dilakukan pengamatan oleh seorang sales dilapangan. 
  1. Keinginan dan kebutuhan konsumen, Informasi mengenai kebutuhan konsumen akan produk pakaian yang sedang dibutuhkan saat itu merupakan peluang pasar yang harus cepat ditanggapi oleh produsen. Misal perubahan model yang sedang dicari konsumen, warna yang sedang ngetren dan dicari konsumen saat itu. 
  2. Kondisi dan perkembangan pasar, Informasi mengenai kondisi pasar ini erat hubungannya dengan pesaing untuk produk bersangkutan. Segala hal yang dilakukan oleh pesaing harus selalu diamati dan dianalisis dengan baik dan benar. Baik itu mengenai perubahan yang berhubungan dengan produk pesaing, Misal perubahan harga, Model dari produk pesaing atau Even yang dilakukan pesaing misal mengadakan program diskon.
  3. Kondisi relasi atau toko, Toko adalah tempat dimana kita mendisplay produk, Jadi segala perubahan yang terjadi ditoko, Baik itu kebijakan transaksi, Kebijakan promosi, Kebijakan penataan counter barang dan atau kebijakan lainnya yang akan mempengaruhi omset penjualan harus secepatnya kita tanggapi. Misal kebijakan promosi berupa pemasangan banner dalam toko, Perubahan susunan rak counter dan lain-lain.
  4. Kondisi produk sendiri dipasaran, Informasi ini sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan produk dalam bersaing dipasaran. Jangan sepelekan sedikit kritik dari toko terhadap produk dipasar. 

Segala informasi yang sesuai dengan realitas pasar saat itu sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membuat strategi pasar. Semakin cepat seorang tenaga penjual atau sales mendeteksi perubahan yang terjadi dipasar dan melaporkan kepimpinannya, Semakin besar peluang perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan dipasar.

Informasi perubahan pasar sangat penting bagi perusahaan, Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap strategi pasar yang harus diterapkan dalam menjual produk. Maka dari itu, segala informasi yang berhubungan dengan realitas pasar harus cepat diketahui. Untuk tujuan itu, Seorang sales yang bertugas dilapangan dituntut untuk bisa mencari, Mengamati, Mengumpulkan dan menganalisis segala perubahan yang terjadi dipasar sebagai informasi keperusahaan. Informasi perubahan tersebut meliputi Kondisi keinginan dan kebutuhan konsumen, Kondisi dan perkembangan pasar, Kondisi relasi atau toko, Dan kemampuan produk sendiri dalam bersaing dipasaran. Informasi yang tepat dan cepat dari seorang sales dilapangan akan sangat berpengaruh dalam memenangkan persaingan dipasar.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar