Senin, 05 November 2012

Persiapan Sales Sebelum Tugas Lapangan

+apa yang harus disiapkan seorang sales sebelum tugas lapangan, +kenapa sales harus melakukan persiapan jika tugas lapangan
Seorang sales atau tenaga penjual adalah ujung tombak bagi terdistribusinya barang dari produsen kerelasi, Maka dari itu, seorang sales dalam melaksanakan tugasnya akan selalu disertai yang namanya target penjualan dan target pembayaran. Untuk itu, Seorang sales harus bekerja secara maksimal untuk hasil yang optimal guna melaksanakan Tugas dan Kerja Sales dilapangan. Dan dalam usahanya
untuk meraih hal itu, Seorang sales harus bekerja dengan rencana dan persiapan yang matang. Karena persiapan yang matang akan sangat mendukung kinerja seorang sales dalam menjalankan tugas dilapangan. Pada kesempatan ini, Saya akan menyampaikan beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seorang sales produk pakaian dengan relasi toko-toko fashion. Dan dalam menjalankan tugasnya ini, Selain  menjual seorang sales juga harus melakukan  penagihan pembayaran. Asumsi pembayaran dilakukan dengan tempo.

Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seorang sales atau tenaga penjualan sebelum melaksanakan tugas lapangan.
  1. Mengevaluasi pembayaran relasi untuk bulan sebelumnya, Untuk pekerjaan ini seorang sales bisa bekerja sama dengan bagian pengendali piutang. Karena selain dari data yang kita bukukan sendiri, Kita juga perlu cros cek untuk pembayaran yang melalui Trasfer Bank, Giro yang dikirim via Pos. Ini perlu dilakukan agar kita bisa menentukan  prioritas turun barang kerelasi.
  2. Mengecek nota yang sudah jatuh tempo, Ini untuk menentukan prioritas penagihan. Karena nota jatuh tempo ini akan menjadi target pembayaran seorang sales untuk bulan bersangkutan. Dan jika memungkinkan bisa langsung serah terima nota yang akan dibawa.
  3. Cek stok barang yang akan dibawa jika kanvas, atau cek stok barang pertanggal akan berangkat. Hal ini dilakukan karena akan berhubungan dengan prioritas pemberian barang kepada toko relasi.
  4. Buat daftar prioritas kunjungan toko, dengan pertimbangan poin 1,2,3 dan jalur kunjungan.
  5. Buat prediksi waktu kunjungan yang akan diperlukan.
  6. Membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien.
  7. Dengan berdasarkan jadwal kunjungan pada poin 6 diatas, Buat anggaran biaya yang diperlukan. Meliputi biaya makan, Penginapan, BBM, dan biaya lain-lain. Lakukan koordinasi dengan bagian kendaraan, Meliputi biaya yang ada hubungannya dengan kendaraan dan kesiapan kendaraan yang akan dipakai. Kesiapan kendaraan ini akan dipakai untuk menentukan waktu muat barang.
  8. Ajukan rencana biaya kunjungan tersebut kepimpinan untuk dilakukan persetujuan, Dan jika sudah disetujui ajukan kekasir.
  9. Siapkan Pakaian dan kebutuhan pribadi secukupnya untuk keperluan dijalan.

Karena adanya tanggung jawab atas tercapainya target penjualan dan pembayaran, Seorang tenaga penjual perlu membuat persiapan dan perencanaan matang sebelum melakukan tugas lapangan, Persiapan itu berhubungan dengan nota untuk menagih, Barang yang akan dibawa, Jalur dan prioritas toko yang akan dikunjungi serta perencanaan biaya perjalanan.

Artikel Lain




Tidak ada komentar:

Posting Komentar