Kamis, 15 November 2012

Persiapan Sales Sebelum Menawarkan Produk Pada Toko Baru

+persiapan dalam menawarkan produk, +yang harus disiapkan sebelum negosiasi penawaran kerjasama penjualan
Guna meningkatkan omset penjualan, Banyak cara yang bisa ditempuh, diantaranya dengan Ekspansi pasar untuk meningkatkan penjualan. Cara ini dilakukan dengan membuka toko baru pada area baru atau dengan membuka toko baru untuk area yang sudah ada relasi disana.Dan dalam melakukan ekspansi atau pembukaan toko baru ini, Seorang sales harus melakukan dengan hati-hati, Karena pada tahapan
ini, kesan pertama atau ketertarikan dari seorang pemilik toko atau bagian order ditoko akan bisa berpengaruh pada terjadinya kerjasama penjualan.Mengingat pentingnya pertemuan pertama pada negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang.

Maka dari itu, Sebelum bertemu dengan calon relasi untuk negosiasi penawaran kerjasama penjualan, Sebaiknya beberapa hal berikut dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang.
  1. Seorang sales harus mempersiapkan pengetahuannya tentang produk yang akan ditawarkan atau dijual. Misal untuk produk pakaian, Seorang sales harus mengetahui tentang bahan yang dipakai, Keunggulan bahan yang dipakai, Macam-macam produk yang dijual, Model-model produk yang akan ditawarkan, Harga produk, Size, Warna produk, Target pasar yang dibidik, Dan kekuatan produk yang dijual dipasaran.
  2. Cari tahu kepada siapa harus betemu untuk membicarakan penawaran kerjasama penjualan. Dan usahakan dia adalah seorang yang bisa mengambil keputusan dalam hal kerjasama penjualan.
  3. Kenali orang yang akan ditemuai pada poin no.2. Misal tentang karakteristik orang tersebut, Tipenya, Kesukaan maupun yang tidak disukai, Hobi, Kapan bisa ditemuai, Jika akan bertemu perlu bikin janji terlebih dahulu atau bisa setiap saat. Untuk mendapatkan informasi ini Tugas sales sebagai intelijen pasar akan sangat diperlukan guna memperoleh informasi yang baik dan benar. Informasi tersebut diatas bisa didapatkan dari seseorang yang ada ditoko (karyawan toko) atau juga bisa ditanyakan kepada sales dari perusahaan lain yang sudah lebih dulu melakukan kerjasama dengan toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.
  4. Usahan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan transaksi yang dilakukan toko tersebut, Hal ini dilakukan agar seorang sales bisa mempersiapkan opsi transaksi yang akan ditawarkan. Apakah Transaksi penjualan putus,  Transaksi penjualan putus bantu atau  Konsinyasi.
  5. Cari tahu promosi, even atau iklan yang biasa dilakukan ditoko tersebut. Informasi ini sangat penting karena akan berhubungan dengan kondisi, Kebiasaan dan kemampuan perusahaan anda Saudara dalam mendukung promosi, even dan iklan tersebut. Kalau perusahaan Saudara adalah perusahaan yang besar dan selalu mensuport segala even ditoko mungkin tidak akan begitu penting informasi ini, Namun jika karena suatu hal perusahaan Saudara tidak bisa mendukung segala even ditoko, Informasi ini akan sangat penting sebagai bekal anda dalam negosiasi penawaran kerjasama penjualan.
Jika beberapa hal diatas sudah Saudara siapkan dengan matang, Saudara akan lebih mantap dalam melakukan negosiasi penawaran kerjasama penjualan. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah pertimbangan antara bikin janji atau langsung ketoko. Kalau karena kesibukan keyperson ditoko harus bikin janji dulu, Saudara harus bikin janji ketemu dahulu.

Mengingat pentingnya kesan pertama dalam negosiasi kerjasama penjualan, Seorang sales harus mempunyai beberapa persiapan yang diperlukan, Diantaranya pengetahuan tentang produk, pengetahuan tentang karakteristik dari keyperson yang akan dihubungi dan karakteristik serta kebiasaan dari toko yang akan ditawari kerjasama penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar