Selasa, 27 Agustus 2013

Game Mobile Lokal Yang Berhasil Harumkan Nama Bangsa

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/game-mobile-lokal-yang-berhasil-harumkan-nama-bangsa.htmlAsalasah ~ Jakarta : Siapa sangka developer aplikasi dalam negeri dapat merambah sektor pengembangan game. Buktinya saat ini telah banyak developer lokal yang berhasil memasarkan game mobile besutannya di toko aplikasi populer seperti Apple App Store dan Google Play Store.

Bila pada artikel sebelumnya kami telah mengulas 6 aplikasi karya anak bangsa dengan segudang prestasi, kali ini tim Tekno Liputan6.com akan mengulas 6 game mobile karya putra-putri Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Berikut ulasannya:

1. Save The Hamster
http://asalasah.blogspot.com/2013/08/game-mobile-lokal-yang-berhasil-harumkan-nama-bangsa.html
Save The Hamster diciptakan oleh Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura. Aplikasi ini mampu mengharumkan nama bangsa setelah berhasil meraih predikat juara kedua pada kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 Worldwide Final yang diselenggarakan di Rusia pada bulan Juli 2013 kemarin.

Save The Hamster sendiri adalah sebuah game mobile yang tersedia bagi platform Windows Phone yang menceritakan tentang empat ekor hamster yang tersesat. Tugas utama pemain adalah membantu para hamster tersebut untuk pulang ke rumahnya. Secara keseluruhan, game ini terdiri dari lima stage dengan 15 level di tiap stage-nya.

Solite Studio menyajikan Save The Hamster dengan dukungan grafis dan sound latar belakang yang sangat baik. Selain itu, fitur untuk terhubung dengan jejaring sosial Facebook dan Twitter pun tak lupa mereka sematkan.

2. Kungfu Quest
http://asalasah.blogspot.com/2013/08/game-mobile-lokal-yang-berhasil-harumkan-nama-bangsa.html
Studio game asal Surabaya, IPlayAllDay Studio meluncurkan game mobile berjudul KungFu Quest: The Jade Tower pada akhir Juli lalu. Kini game tersebut telah tersedia untuk platform Android dan iOS.

Bermain di genre beat'em up, game ini menawarkan aksi kungfu di layar smartphone Anda. KungFu Quest: The Jade Tower menggunakan gaya visual ilustrasi dua dimensi untuk menggambarkan perjuangan sang tokoh utama, Jackie, untuk mencapai pucuk menara. Secara keseluruhan tersedia 37 level yang tersebar di delapan maps berbeda untuk Anda taklukan.

Untuk versi Android (Play Store) game ini bisa didapatkan dengan biaya US$ 1,99. Sementara untuk perangkat berbasis iOS (App Store), Kungfu Quest dipasarkan dengan banderol US$ 0,99 untuk versi standar dan US$ 1,99 untuk versi HD.

3. Zico: the Official Game

Touchten, developer game yang berbasis di Jakarta meluncurkan sebuah aplikasi game sepakbola untuk perangkat Android bertajuk Zico: The Oficial Game. Game ini menjadi sangat istimewa karena dikembangkan bersama salah satu legenda sepakbola dunia asal Brazil -- Arthur Antunes Coimbra atau yang akrab disapa Zico.

Secara gameplay, game ini tidak berbeda jauh dengan game mobile populer Flick Soccer. Pemain dihadapkan pada situasi tendangan bebas (free kick) dan diharuskan mencetak gol atau mengenai suatu objek tertentu yang diperintahkan. Namun, proses itu akan menjadi cukup sulit karena akan ada banyak rintangan.

Saat ini Zico: The Official Game baru tersedia bagi perangkat bersistem operasi Android dengan harga US$ 0,99. Rencananya game ini juga akan segera dirilis untuk platform iOS.

4. Nuclear Outrun

Game ini terwujud berkat kerjasama antara tiga studio game, yaitu Gamenauts (AS), Nerdook Production (Malaysia) dan Nightspade (Indonesia). Nuclear Outrun menjadi salah satu game bergenre shoot’em up populer di toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store.

Nuclear Outrun sendiri memiliki konsep gameplay yang unik dan fun, pengguna harus berlomba mencapai safe zone dengan sebuah bom nuklir yang datang dari berbagai arah. Di sepanjang perjalanan menuju safe zone pengguna akan menghadapi berbagai halangan yang bisa menghambat laju kendaraan.

5. INheritage

Pengembang game asal Bandung, Tinker Games, akhirnya merampungkan proyek game mobile terbarunya yang dibalut konten kebudayaan Jawa Barat berjudul INheritage: Boundary of Existence. Game bergenre shoot’em up ini sudah tersedia di Apple App Store dalam versi lite serta versi full dengan biaya US$ 1.99.

Game ini berkisah tentang roh pelindung atau arca bernama Nala beserta rakyan atau makhluk pelindung berwujud binatang. Nala yang bertugas melindungi Kota Bandung harus berkeliling ke berbagai kota seperti Garut, Bogor, dan Sukabumi untuk menyadarkan arca yang lain tentang ancaman dari para yaksa, kaum siluman.

INheritage: Boundary of Existence merupakan game dengan tema yang jarang ditemui dari para pengembang aplikasi lainnya di Indonesia. Tinker Games mengemas permainan ini dengan konten budaya Jawa Barat yang kental. Di game ini kita bisa menemukan ikon-ikon budaya Jawa Barat seperti motif batik, domba garut, elang jawa, hingga macan.

6. Icon Pop Quiz

Permainan kuis sederhana ini telah berhasil menduduki peringkat atas klasemen "Top Free Apps" di Apple App Store di banyak ewilayah di dunia. Bahkan, game besutan pengembang aplikasi asal Jakarta, Alegrium sempat menududuki dan bertahan di posisi pertama di Inggris, Australia, Kanada, Filipina dan Indonesia.

Jangan samakan Icon Pop Quiz dengan game kuis lainnya. Aplikasi ini mempunyai banyak perbedaan dan kelebihan di bandingkan dengan game kuis lainnya . Dari segi menu dan tampilan, Icon Pop Quiz sangat mudah untuk dimainkan. Selain itu, game ini juga hadir dengan tampilan full colour dengan warna-warna yang nyentrik pembangkit selera bermain. (dhi/dew)

Baca Juga:  
Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/670033/6-game-mobile-lokal-yang-berhasil-harumkan-nama-bangsa/?related=pbr&channel=t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar