Selasa, 20 Agustus 2013

Hati-hati, Kucing Dapat Tularkan Tuberkulosis

Hati-hati, Kucing Bisa Tularkan Tuberkulosis
Asalasah ~ Kucing, hewan peliharaan yang menggemaskan, ternyata bisa menularkan bakteri Tuberkulosis (TB) pada manusia. Mengingat kucing merupakan hewan petualang, bakteri ini bisa masuk dari mana saja, termasuk dari sapi dan hewan pengerat. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan melalui susu yang terinfeksi bakteri TB.

“Masalah ini menjadi pelik, pasalnya kucing memiliki kontak yang begitu dekat dengan manusia,” ujar Carl Padgett, mantan presiden Asosiasi Dokter Hewan Inggris, kepada Sunday Telegraph, seperti dikutip Daily Mail, Minggu, 30 Juni 2013.

Para ilmuwan di Studi Kesehatan Hewan Universitas Edinburgh Royal School mengatakan, sebanyak 100 dari 100.000 kucing bisa terinfeksi TB. Ini lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Seperlima dari mereka diperkirakan terinfeksi oleh Mycobacterium bovis , yakni bakteri yang biasa ditemukan pada sapi dan luak. Sebagian besar juga disebabkan oleh Mycobacterium microti yang biasanya ditemukan pada tikus.

Profesor Danielle Gunn-Moore, pemimpin penelitian, mengatakan selama ini TB hanya dikaitkan dengan ternak. "Padahal, ternak bisa menularkan ke kucing. Dari sinilah, TB bisa menginfeksi manusia meskipun ternak sudah dimusnahkan.”

Tim peneliti dari Edinburgh menemukan bahwa dalam satu tahun, 17 persen dari 187 kasus TB pada kucing disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada sapi. Penemuan ini disambut gembira oleh para peneliti. Mereka menjadi tahu bahwa ternyata kucing bisa menularkan TB.

Oleh sebab itu, dokter hewan menyarankan agar pemilik kucing berhati-hati terhadap peliharaannya. Terutama, saat kucing ini memiliki luka akibat perkelahian dengan luak atau kucing liar lainnya. Selain itu, untuk mengurangi risiko TB pada manusia, pemilik kucing juga hendaknya memvaksin si hewan manja ini

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/07/01/060492454/Hati-hati-Kucing-Bisa-Tularkan-Tuberkulosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar