Selasa, 20 Agustus 2013

Ternyata Retina Mata Bisa Menilai Risiko Stroke

Mata Bisa Menilai Risiko StrokeAsalasah ~ Suatu saat mata mungkin bisa digunakan untuk menilai kecenderungan seseorang terkena stroke. Peneliti dari National University of Singapore menemukan kemungkinan tersebut setelah meneliti pembuluh darah retina pada pasien tekanan darah tinggi.

"Retina menyediakan informasi tentang status pembuluh darah di otak," kata Mohammad Kamran Ikram, kepala peneliti dan asisten professor di Singapore Eye Research Institute, National University of Singapore, seperti dilansir Xinhua, Senin, 12 Agustus 2013. Dia menambahkan, pencitraan retina bersifat non-invasif dan merupakan cara termurah untuk menilai pembuluh darah pada retina.

Dalam penelitian yang dipublikasikan jurnal Hypertension ini, peneliti melacak kejadian stroke pada 2.907 pasien tekanan darah tinggi selama rata-rata 13 tahun. Para pasien darah tinggi itu tidak mengalami stroke sebelumnya.

Di awal penelitian, peneliti memotret retina setiap partisipan. Retina merupakan lapisan sel-sel yang sensitif terhadap cahaya di belakang bola mata. Kerusakan pada pembuluh darah retina yang dikaitkan dengan hipertensi disebut hypertensive retinopathy. Hasil pemotratan ini diklasifikasikan dalam kategori kerusakan, ringan, sedang, parah, dan tidak ada kerusakan.

Selama penelitian berlangsung, sebanyak 146 partisipan mengalami stroke akibat pembekuan darah dan sebanyak 15 partisipan stroke akibat perdarahan diotak. Setelah meng-adjust variabel penelitian terhadap sejumlah faktor risiko stroke, seperti usia, jenis kelamin, ras, kadar kolesterol, gula darah, indeks massa tubuh, status merokok, dan tekanan darah, peneliti menemukan bahwa risiko stroke ternyata 35 persen lebih tinggi terjadi pada mereka yang mempunyai hypertensive retinopathy dalam kadar sedang atau parah.

Bahkan, meskipun pada pasien yang sedang menjalani pengobatan dan mencapai kontrol tekanan darah yang bagus, risiko bekuan darah pada orang dengan hypertensive retinopathy ringan ternyata 96 persen lebih tinggi dibanding orang yang tidak mengalami hypertensive retinopathy, dan pada pasien dengan hypertensive retinopathy sedang atau parah risikonya adalah 198 persen lebih tinggi.

Meskipun demikian, Ikram mengatakan, "terlalu dini untuk merekomendasikan perubahan praktek klinis" dalam menilai risiko stroke. "Penelitian-penelitian lain diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan kami dan menilai apakah pencitraan retina bisa bermanfaat dalam menyediakan informasi tambahan tentang risiko stroke pada pasien tekanan darah tinggi," kata Ikram.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/14/060504217/Mata-Bisa-Menilai-Risiko-Stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar