Minggu, 08 September 2013

Belajar Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

http://asalasah.blogspot.com/2013/09/belajar-mencegah-kanker-payudara-sejak.html
Asalasah ~ Pencegahan kanker payudara sebaiknya dilakukan sejak dini. Risiko kanker payudara dapat mengintai siapa saja, termasuk kita atau kerabat terdekat kita. Ada banyak faktor yang disinyalir sebagai penyebab tumbuhnya sel kanker payudara, seperti pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, faktor keturunan memberikan kontribusi sekitar 8 hingga 10 persen terhadap risiko kanker payudara. Pencegahan kanker payudara sejak dini adalah solusi terbaik untuk melawan penyakit yang diklaim mematikan ini. Memang tidak ada metode pasti mengenai pencegahan kanker payudara, namun dengan deteksi dini, pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara bisa diperlambat dan diobati sejak dini. Lantas bagaimanakah cara mencegah kanker payudara melalui deteksi dini?

Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini
Cara terbaik dalam usaha pencegahan kanker payudara sejak dini adalah dengan mengenali tanda-tanda abnormal pada payudara kita. Apa saja?

1. Benjolan
Benjolan lunak pada payudara umumnya dipicu oleh adanya kista yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Dengan deteksi dini, Kista dapat disembuhkan.

2. Bengkak
Waspadalah ketika payudara mengalami bengkak. Selain akibat kehamilan dan penumpukan cairan garam, kanker payudara juga bisa menyebabkan payudara membengkak. Pembengkakan payudara akibat sel kanker umumnya ditandai oleh ukuran payudara kiri dan kanan yang tidak simetris.

3. Iritasi
Iritasi pada kulit payudara atau puting seperti bercak merah, bersisik, dan penebalan kulit atau puting adalah termasuk gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.

4. Nyeri
Kista dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara dan juga puting. Untuk mencegahnya tumbuh menjadi sel kanker, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

5. Retraksi puting
Gejala berupa retraksi puting atau kondisi puting masuk ke dalam yang terjadi secara tiba-tiba ini disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tumor.

6. Keluar cairan dari puting
Bila ada cairan yang keluar dari puting, selain susu, biasanya berupa darah atau cairan lain berwarna coklat atau merah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Ke enam gejala abnormal pada payudara di atas dapat diketahui tidak hanya melalui prosedur medis, tetapi juga dengan melakukan deteksi dini sendiri di rumah. Untuk melakukan pencegahan kanker payudara sejak dini, lakukanlah deteksi sendiri seperti di bawah ini.

1. Lihat
Berdirilah di depan cermin, dan amati payudara kita. Perhatikan bentuknya, warnanya, ukurannya, hingga kondisi puting payudara kita. Setelah itu, amati kembali payudara kita dengan posisi kedua tangan di atas kepala.

2. Rasakan
Berbaringlah dengan posisi telentang. Gunakan bantal untuk menyanggah bahu sehingga bahu terangkat. Angkat tangan kiri, dan dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, secara tegas namun lembut, periksalah payudara sebelah kiri dengan gerakan vertikal dari puting hingga area ketiak. Lakukan hal yang sama untuk payudara sebelah kanan dengan mengangkat tangan sebelah kanan.

Pencegahan kanker payudara sejak dini ini harus dilakukan rutin minimal satu bulan sekali. Dan bagi wanita yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan mamogram.

Baca Juga:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar