Sabtu, 07 September 2013

Benarkah Kehidupan di Bumi Berasal dari Mars?

Kehidupan di Bumi Berasal dari Mars?
Asalasah ~ Peneliti Profesor Steven Benner mengungkapkan teori baru bahwa kehidupan planet Bumi berasal dari planet Mars atau biasa disebut planet merah. Benner mengungkapkan teori asal usul kehidupan itu dalam konferensi tahunan Goldshmidt di Florence, Italia, berdasarkan bukti-bukti baru temuannya.

Menurutnya, kehidupan di Bumi kemungkinan besar terbawa melalui meteorit dari Mars. Kesimpulan ini didukung beberapa bukti kuat dari temuan tim peneliti. Para peneliti dalam konferensi menjelaskan, dari apa yang terlihat, kehidupan di Bumi tidak mungkin bisa tercipta tanpa adanya suatu bentuk mineral teroksidasi dari unsur kimia yang disebut molybdenum.

Satu-satunya masalah, miliaran tahun lalu, Bumi memiliki kandungan oksigen sangat sedikit. Oleh karena itu, menjadi hampir mustahil elemen kimia molybdenum beralih ke bentuk mineral teroksidasi dan mendorong munculnya kehidupan seperti di Bumi saat ini.

"Hanya ketika molybdenum menjadi sangat teroksidasi yang kemungkinan bisa memberikan pengaruh terhadap asal-usul terbentuknya kehidupan Bumi," kata Steven Benner seperti dikutip dari laman Softpedia, Jumat, 30 Agustus 2013.

Bentuk molybdenum tak mungkin tersedia di Bumi pada kehidupan yang pertama kali dimulai. Sebab, tiga miliar tahun lalu permukaan Bumi hanya memiliki kandungan oksigen sangat sedikit. Tapi planet Mars dipercaya memiliki bentuk molybdenum yang kemudian memberi andil terciptanya kehidupan awal di Bumi.

Apa yang menjadi perhatian profesor Steven ini menjelaskan bahwa manusia di Bumi patut bersyukur atas keberadaan meteor Mars yang faktanya telah membantu munculnya suatu kehidupan.

Lebih lanjut peneliti mengatakan, ada bukti lain yang membuat kehidupan lebih mungkin datang ke Bumi oleh meteorit Mars dan bukan di mulai dari planet Bumi itu sendiri. "Bukti ini tampaknya membangun bahwa kita semua sebenarnya berasal dari meteorit Mars, hidup yang dimulai di Mars dan datang ke bumi,"

Ironisnya, meski tahu kehidupan di Bumi berasal dari Mars, faktanya dari dua planet tersebut, hanya Bumi yang terbukti mampu bertahan secara berkesinambungan. "Sangat beruntung bahwa kita tetap berakhir di sini, sebab tentunya Bumi lebih baik daripada Mars untuk mendukung kehidupan," ujarnya.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/31/095508993/Kehidupan-di-Bumi-Berasal-dari-Mars

Tidak ada komentar:

Posting Komentar