Kamis, 12 September 2013

Berjemur Dibawah Sinar Matahari Dapat Menyembuhkan TBC

http://asalasah.blogspot.com/2013/09/berjemur-dibawah-sinar-matahari-dapat.html
Asalasah ~ London - Sebuah studi dari Proceedings of the National Academy of Sciences, London, menyebutkan asupan vitamin D dapat membantu melawan infeksi tuberkulosis.

Menurut data, infeksi TB telah menyerang hampir 1,5 juta orang setiap tahun dan ada kekhawatiran beberapa kasus tidak dapat diobati. Mengutip BBC, studi ini menyebutkan pasien bisa pulih dengan lebih cepat saat diberikan vitamin dan antibiotik secara bersamaan.

Menurut temuan ini, vitamin D untuk mengobati tuberkulosis ini sebenarnya pernah digunakan untuk perawatan infeksi paru-paru, sebelum antibiotik ditemukan. Dahulu, pasien TB diminta untuk berjemur dibawah sinar matahari yang disebut dengan heliotherapy, untuk meningkat produksi vitamin D.

Namun, sayangnya, terapi sinar matahari ini tak lagi diterapkan seiring dengan penemuan antibiotik yang terbukti bisa menyembuhkan TB.

Belakangan, berdasarkan penelitian pada 95 pasien di sebuah rumah sakit di London, kombinasi antibiotik dan pil vitamin D diketahui dapat mempercepat penyembuhan pasien TB. Pemulihan bisa dua minggu lebih cepat ketika pengobatan antibiotik ditambahkan dengan vitamin D.

Meskipun begitu, Adrian Martineau dari Universitas Queen Mary London, mengatakan vitamin D tidak akan bisa menggantikan antibiotik. "Tapi mungkin menjadi senjata tambahan yang berguna," katanya seperti dikutip dari BBC, Rabu, 5 September 2012. "Ini terlihat menjanjikan, tapi kami butuh bukti lebih kuat," katanya.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/09/05/060427650/Berjemur-Sinar-Matahari-Bisa-Sembuhkan-TB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar